Cara Nge”hack” Facebook Melalui Email

OOOPPPHHZZZ…! Maaf.., bukan saya hendak mengajarkan orang lain “ngehack” facebook dan email, tapi sebaliknya saya akan memberikan tips “mengamankan akun facebook dan email” dari orang-orang “Jahil”.

Pada posting sebelumnya saya membahas tentang Mengganti Sandi Facebook Karena Lupa Sandi, cara tersebut juga sering disalah gunakan orang untuk “meretas akun facebook dan email”.

Kebanyakan pengguna facebook memakai layanan email dari yahoo dan gmail, dan mungkin yang lebih populer bagi user facebook adalah layanan email dari yahoo, karena memang cukup mudah dan cepat membuat akun email di yahoo. Yahoo juga menerapkan prosedur yang tidak terlalu sulit jika penggunanya mengalami kesulitan ketika “lupa sandi email”.


Dan karena kemudahan inilah akun email yahoo “sedikit lebih mudah” untuk dijebol, anda mungkin masih ingat ketika membuat akun email di yahoo, anda harus mengisi kolom “pertanyaan keamanan” yang dapat anda gunakan untuk alternatif “log in” dan mengganti kata sandi email jika lupa sandi. Disini menjadi celah yang bisa dengan mudah dijebol jika anda membuat pertanyaan dan jawaban yang relevan (berkaitan), misal anda memilih pertanyaan keamanan pertama “Di kota mana ayah anda dilahirkan?”, pertanyaan keamanan kedua “Apa nama tokoh kartun favorit anda sewaktu kecil?”, kemudian anda membuat jawaban yang sebenarnya.


Hanya menggunakan “insting dan logika” orang lain bisa dengan mudah “menebak jawabannya” jika misalnya dalam profile facebook anda juga mencantumkan “kota asal”, “minat dan hobi” anda. Orang lain dapat mengira kota asal anda dan ayah anda adalah sama, demikian juga jika ternyata dalam profil facebook juga tercantum “minat dan hobi” terhadap tokoh kartun yang menjadi jawaban pertanyaan keamanan email anda.

Untuk menghindari hal seperti yang saya jelaskan diatas, jangan membuat jawaban yang berhubungan. Sebaiknya buat jawaban yang bertentangan, yang penting anda ingat jawaban pertanyaannya. Serumit apapun sandi email yang anda buat akan menjadi percuma jika jawaban pertanyaan keamanannya mudah ditebak.

Berbeda dengan layanan email dari google (gmail), saya sering mendapat “kesulitan” ketika membuat email menggunakan gmail, kadang harus mencoba sampai tiga kali baru berhasil. Walau hanya harus mengisi satu pertanyaan keamanan tapi gmail menerapkan prosedur keamanan yang lebih rumit ketika harus “log in” melalui pertanyaan keamanan karena lupa sandi. Untuk masuk gmail melalui pertanyaan keamanan anda tidak hanya harus menjawab pertanyaan keamanan yang dibuat tapi juga diantaranya harus mengisi nama anda ketika mendaftar di gmail, mencantumkan nomor telepon dan alamat email yang terakhir anda kirimi email… (wah.. pokoknya rumit bangeeet..!!).

Untuk keamanan akun email yang lebih baik, saya sarankan anda menggunakan gmail (tapi gak wajib). Seperti lima akun email yang saya miliki, hanya satu akun menggunakan yahoo (maaf..! bukan promosi…?? heee…).
Bila anda yakin sandi dan jawaban pertanyaan keamanan email anda tidak akan bisa ditebak orang lain, email dari yahoo mungkin cukup aman dari orang yang mencoba iseng.

Tips:


  • Jangan menampilkan alamat email dlm profil facebook anda, karena dapat memberikan kesempatan dan kemudahan orang lain untuk “meretas facebook dan email” anda.

  • Ingat…!! menurut penelitian ahli dari “luar negri”, Indonesia menempati urutan “TERATAS” sebagai pembuat sandi yang mudah di”JEBOL” atau menempati urutan “TERBAWAH” pembuat sandi yang aman. Mungkin..? Anda satu diantaranya….!!

Artikel terkait:

  • Mengganti Sandi Facebook Karena Lupa Sandi






    About these ads
  • Tinggalkan komentar, isi nama dan alamat web anda, email (Surel) tidak wajib diisi

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s