Melindungi Data Pribadi Menggunakan Software

Pada posting sebelumnya saya membahas tentang “cara melindungi data pribadi tanpa menggunakan software”, kali ini saya membahas “cara melindungi data pribadi menggunakan software”.
Aplikasi atau software bisa dicoba untuk melindungi data pribadi anda adalah “mylockbox”.


Kelebihan aplikasi ini adalah karena menggunakan versi free jadi anda tidak harus registrasi kecuali jika anda ingin mengupgrade ke versi Pro, dalam system anda tidak harus terinstal “Microsoft NetFramework” seperti aplikasi pengaman data yg lain ada yg mengharuskan dalam system yg anda gunakan telah terinstal “Microsoft NetFramework”.
Relativ lebih aman melindungi data pribadi anda karena menggunakan password dan file/folder yang diproteksi tidak bisa terdeteksi oleh anti virus seperti Smadav.

Karena menggunakan “Versi Free” anda hanya dapat memproteksi satu folder saja, namun hal tersebut bisa diatasi dengan menyimpan file/folder lain kedalam folder yg diproteksi, misal anda memproteksi folder dengan nama “Private File” maka simpan atau pindahkan file/folder yang lain kedalam folder “Private File”

Setelah diinstal dan pertama kali menggunakan “mylockbox” anda diminta mengisi password, isi password yang ingin anda gunakan, ulangi password di kolom kedua, lalu klik “OK”.

Ikuti petunjuk selanjutnya, kemudian anda akan diminta untuk menambahkan folder yang akan anda proteksi, pilih folder yang ingin diproteksi.



Seterusnya akan tampil “mylockbox control panel”, klik tombol “Advanced”, pilih menu “Hotkeys”, isi dengan hotkeys berikut:

Open control panel: tekan Ctrl+Shift+P
Lock folder (s): tekan Ctrl+Shift+L
Unlock folder (s): tekan Ctrl+Shift+O


Selanjutnya anda dapat menggunakan hotkeys diatas untuk membuka “mylockbox control panel”, “Unlock folder” dan “Lock folder”.
Kemudian anda coba hotkeys yang telah anda buat:
Tekan Ctrl+Shift+O untuk membuka folder, ketik password, tandai/chek list “Open lockbox folder after unlock”, klik “OK”:



folder yang diproteksi langsung terbuka, selanjutnya anda dapat membuka, mengurangi atau menambahkan file dan folder lain kedalam folder yang diproteksi.
Untuk mengunci folder anda tinggal menekan Ctrl+Shift+L.

Tips:
Jika hotkeys telah diseting dan bisa digunakan, untuk menghindari “mylockbox” coba-coba diakses orang lain, hapus shortcut “mylockbox” dan “mylockbox control panel” dari desktop dan start menu program.



DOWNLOAD:



Tinggalkan komentar, isi nama dan alamat web anda, email (Surel) tidak wajib diisi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s