Membuat Quick Launch Dan Links Di Taskbar

Semakin banyak aplikasi yang terinstal dalam sebuah komputer, maka akan banyak juga “Icon Shortcut” yang terpajang di desktop. Bila terlalu banyak akan memenuhi sebagian dari desktop atau bisa saja seluruh desktop, karena terlalu banyak sering juga membuat “User” bingung untuk memilih icon shortcut yang akan digunakan, ditambah lagi ada “User” lain yang menata ulang letak icon shortcut di desktop. Membuka aplikasi melalui Start Menu-All program juga bukan cara yang praktis karena banyak folder dan aplikasi yang harus tampil.
Dan “Quick Launch” dapat membantu User untuk membuka aplikasi favoritnya dengan cepat tanpa kebingungan memilih shortcutnya melalui desktop atau start menu. Namun sayangnya shortcut dalam quick launch biasanya hanya bisa dibuat ketika menginstal aplikasi, dalam proses instalasi terkadang ada pilihan untuk menempatkan shortcut program dalam quick launch.
Bila aplikasi yang kita gunakan tidak ada dalam Quick Launch, kita dapat membuat sendiri shortcutnya dalam quick launch, dan kali ini kita “Mencoba Untuk Bisa” membuat shortcut dalam quick launch tanpa software alias manual.

Baca dengan teliti langkah-langkahnya berikut ini:
Karena folder “Quick Launch” diberi attribute “Hidden” maka harus ditampilkan lebih dahulu agar bisa diakses.

  • Langkah Pertama
    Explore My Computer
    Klik menu “Tools” > “Folder Option” > Klik tab “View”, cek list “Show hidden files and folders” “Apply”, “OK”.
  • Langkah Kedua
    Buka folder:
    C:\Documents And Settings\User Name Anda\Aplication Data\Microsoft\Internet Explorer\Quick Launch
  • Langkah Ketiga
    Dalam folder “Quick Launch” > klik kanan mouse > “New” > “Shortcut”, setelah menu tampil pilih “Browse” kemudian cari aplikasi yang diperlukan, bisa diambil dari desktop atau atau cari di C:\Program Files\Nama aplikasi
    pilih file dengan ekstensi exe untuk menjalankan program tersebut., klik “Next”, “Finish”.

    Atau anda copy icon shortcutnya di desktop kemudian paste dalam folder “quick Launch”.Ulangi langkah ketiga ini untuk menambahkan aplikasi lainnya.
    Jika tidak ada kesalahan dalam melakukan langkah-langkah diatas, shortcut aplikasi yang dibuat akan tampil di menu “Quick Launch” berdampingan dengan “Start Menu”.

    Jika menu “Quick Launch” belum ada di”Taskbar” (sebelah start menu), klik kanan area Taskbar > “Toolbars” > cek list “Quick Launch”.

    Anda juga bisa membuat shortcut aplikasi favorit anda sendiri terpisah dari Quick Launch, yaitu dengan membuat “Toolbars Links/Shortcut” di Taskbar, caranya:

    • Buat sebuah folder baru dengan nama “Aplikasiku”.
  • Buka folder “Aplikasiku”, buat dan cari shortcut aplikasi yang diperlukan seperti langkah ketiga diatas atau anda copy icon shortcutnya di desktop kemudian paste dalam folder “Aplikasiku”.
  • Klik Kanan area Taskbar > “Toolbars” > “New Toolbar…”
  • Cari Folder “Aplikasiku”, klik “OK”.

    Jika tidak ada kesalahan dalam melakukan langkah-langkah diatas, shortcut aplikasi yang dibuat akan tampil di menu “Aplikasiku” disebalah “Try Icon” disudut kanan bawah Taskbar.

    Note:
    Setelah selesai jangan lupa setting “Folder Option” kesemula:
    Klik menu “Tools” > “Folder Option” > Klik tab “View”, cek list “Do not show hidden files and folders” “Apply”, “OK”

    Dan cara yang paling mudah membuat “Quick Launch” ialah dengan melakukan “Drag and Drop” shortcut didesktop ke area quick launch ditaskbar, klik icon atau shortcut didesktop, tahan dan geser ke area quick launch disebelah start menu, Selamat Mencoba…!!!

    “Hal yang sering dianggap tidak penting, suatu saat akan menjadi hal yang sangat anda butuhkan..”



Tinggalkan komentar, isi nama dan alamat web anda, email (Surel) tidak wajib diisi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s