Mengamankan File Dalam Falshdisk Dari Virus “Junk Virus”

Beberapa waktu lalu saya mencetak photo yang disimpan dalam flashdisk distudio photo. Setelah kembali kerumah, saya membuka file/folder dalam flashdisk menggunakan PC dirumah, kemudian apa yang terjadi…??
Semua folder dalam flashdisk telah berganti menjadi shortcut folder (icon folder dengan tanda panah disudut bawah).

Saya lupa dengan nama virus ini, kalau tidak salah mengingat, anti virus yang saya gunakan mendeteksi virus ini dengan nama “JUNK VIRUS”. Cara kerja virus ini adalah menyembunyikan folder dan isinya yang disimpan dalam flashdisk dan mengganti semua folder dalam flashdisk dengan shortcut, virus ini rupanya juga memodifikasi “Registry” karena walau saya sudah memilih “Show all files and folders” melalui “Folder Options”, folder dalam flashdisk tetap tidak bisa ditampilkan.

Namun virus ini hanya menyembunyikan folder yang dinamai menggunakan karakter “Alphabet” standar (huruf abjad biasa), folder lain yang saya namai menggunakan karakter khusus (UNICODE) tidak bisa disembunyikan oleh virus ini.


Saya tidak tahu apakah virus ini juga dapat menginfeksi folder dalam harddisk, karena begitu terdeteksi, virus ini langsung saya hapus dan folder dalam harddisk masih ada semua.
Anti virus seperti Smadav dapat mendeteksi dan menghapus virus ini juga menampilkan kembali semua folder yang telah disembunyikan.

Cara membuat dan menggunakan karakter “UNICODE” untuk mengamankan folder dalam flashdisk dapat didownload melalui link:



  • Download Anti “Virus JunkVirus”





  • Tinggalkan komentar, isi nama dan alamat web anda, email (Surel) tidak wajib diisi

