PTT LOCK DENGAN SAKLAR SENTUH

Hallo breaker mania..! apa kabar?
Kali ini “MUB” [Mencoba Untuk Bisa] share skema ‘PTT LOCK’ untuk perangkat rig dan ht, jadi hanya dengan menyentuh ‘sensor’ perangkat radio komunikasi anda bisa transmit tanpa harus menekan tombol seperti biasanya. Rangkaian ini cocok untuk perangkat rig dan ht yang menggunakan penguat mic tambahan atau mic compressor. Namun rangkaian ini memiliki kekurangan yaitu sangat peka dengan induksi atau getaran ‘gelombang elektro magnetik’, jika anda menghidupkan peralatan listrik yang menggunakan “kumparan” seperti solder, lampu neon, kipas angin dll maka ‘PTT LOCK’ akan “ON” sendiri. Sebagai pengaman ditambahkan saklar pengaman (SW3) yang dapat di’off’kan bila anda meninggalkan radio dalam keadaan hidup, anda juga dapat mengganti R1 dan R2 dengan nilai tertentu sampai dihasilkan rangkaian ini tidak peka dengan induksi atau getaran ‘gelombang elektro magnetik’.

SW1 dan SW2 bersifat “Opsional” (pilihan) jika anda hanya ingin menggunakan saklar manual atau kombinasi saklar sentuh dan saklar manual.
Untuk perangkat HT ditambahkan R5 nilainya 2K2-4K7 dan kapasitor 100N, S1 dan S2 adalah sensor sentuh menggunakan bahan penghantar (konduktor), yang saya gunakan adalah baud/mur steanliss bekas hardisk.
Dengan imajinasi dan kreasi anda rangkaian ini dapat digunakan tidak hanya untuk ‘PTT LOCK’ saja, misal jika output dari SW3 dihubungkan coil/kumparan relay dc 12V, rangkaian ini bisa menjadi saklar on-of sentuh. Caranya jalur dari SW3 dihubungkan ke kaki 1 relay 12V dc, kaki 2 relay 12V dc dihubungkan langsung ke sumber tegangan 12V dc, switch pada relay bisa untuk menghidupkan peralatan lain seperti lampu penerangan dan lain-lain.



Selamat mencoba… anda pasti bisa..! jika anda “Mencoba Untuk Bisa”.

Artikel terkait:

 

2 Responses to PTT LOCK DENGAN SAKLAR SENTUH

  1. Aris Ristadi mengatakan:

    BAGUS DECH,BOLEH COBA?UNTUK TEGANGAN + DAN BERAPA VOLT MAS. MAKASIH

Tinggalkan komentar, isi nama dan alamat web anda, email (Surel) tidak wajib diisi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s