Ngecas HP Ketika Mati Lampu

Lagi perlu banget “phone/sms” hpnya udah “LowBatt”, sialnya lagi sedang mati lampu. Pinjem hp temen atau saudara..?? (waahh ga dulu dechhh..!!). Atau lagi dijalan bawa kendaraan hpnya “Lowbatt” sampe “co.id”… Buat ngadepin situasi kayak gitu, buat yang ngerti elektronika bikin aja charger hp yg catu dayanya diambil dari aki (accu) motor atau mobil.
Skemanya simpel dan komponenya banyak tersedia ditoko yang jual spare part elektronika (jangan beli di toko bangunan..!! ga ada sob..!!)

 


skema1

skema power bank

Sumber tegangan bisa diambil dari aki motor atau mobil 12 volt, kalo pake aki mobil sebaiknya dikasih dulu “Resistor” 0.47 s.d 100 ohm (2-5 watt), tegangan outputnya kira-kira 3.9 volt, kalo kurang gede ganti aja dioda zenernya dengan nilai yang lebih gede sampai didapetin tegangan outputnya maksimal 5 volt, Transistor D313 harus pake heatsink/pendingin yang bagus karena ketika dipake ngecas suhu panasnya bisa tinggi banget.

Skema2
Untuk skema yang kedua dibawah ini komponen lebih sedikit dan rangkaiannya lebih simpel, tegangan input dc bisa menggunakan 6 volt – 24 volt, jika anda memiliki batrai dengan tegangan 7.2 volt skema ini dapat dibuat untuk power bank.

Ingak…ingak..!! ngecasnya jgn pake lama..!! secukupnya yg penting hp bisa idup, kalo lama”2..?? kali aja rangkaiannya jebol n tegangannya bablas, bisa”2 hpnya benar”2 co.id….

Naaaahhh…!! kalo udah selesai dirangkai, biar rapih bikinin wadah atau kotaknya, bisa juga pake kotak charger bekas (kalo muat, kalo ga muat..? ya cari yg lebih gede..), kabel input tegangan pake kabel buat dc (merah-item) plus pake jepitan buat power supply atau aki biar gampang bongkar pasangnya. Tegangan outputnya pake kabel charger bekas (jeknya disesuai’in ama hp yg sobat pake).
Naaahhh…!! buat yg gaptek elektronika n ga mau ribet..??
mesti punya hp lebih dari satu, plus stok battre hp yg banyakkk… wkwkwkkkkk..!!

 

 

 


 

 

 

 

 

 


8 Responses to Ngecas HP Ketika Mati Lampu

  1. Anonim mengatakan:

    Trimakasi mas skemanya sangat bermanfaat,

  2. ahmad mengatakan:

    gue gaptek elektro …. tapi gue udah punya cas 3 in 1.

  3. trisna nova mengatakan:

    Itu tidak menggunakan fuse aman ‘G̲̣̣̣̥ǎ̜̣̍g̶̲̅?

  4. Codot mengatakan:

    Ok tanks gan

    • ikhsan mengatakan:

      maav itu maksudnya apa ya R 0,5 ohm…..sama D IN 4001
      tolong banget ya .penasaran ni sob
      089626382268

Tinggalkan komentar, isi nama dan alamat web anda, email (Surel) tidak wajib diisi

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s